Laman


Minggu, 04 September 2011

BULAN RAMADHAN 1432 H


RAMADHAN SEBENTAR LAGI !!!!

WAw...!!!! moment istimewa akan datang .... kurang 2 minggu lagi!
Apakah Anda sudah siap untuk menyambut kedatangan Bulan yang penuh dengan Rahmat, bulan perjuangan dan Bulan yang penuh pengampuan????!!!


Terkadang kita belum siap dengan kedatangan bualan ini dikarenakan pada Bulan Ramadhan nanti kita sebagai umat Muslim harus menjalankan puasa sehari penuh dan menjalankan serentetan kegiatan peribatan serta masih harus dibarengi aktifitas yang tinggi. Akan tetapi tak semua orang merasakan hal yang sama mereka berpikir hal tersebut adalah tugas kita sebagai umat muslim ketika bulan Ramadhan tiba adalah melaksanakan kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan tersebut. 
Pada kenyataannya baik siap ataupun tidak  Bulan ini sangat dinantikan karena banyak amal ibadah yang bisa kita lakukan seperti puasa, shalat Tarawih, Tadarus, Shalat malam maupun Zakat dan hikmah terbaik yang akan kita dapatkan melalui serentetan tugas tersebut, Allah akan mengajarkan berbagai hal pada Bulan Ramadhan melebihi Bulan sebelumnya serta Allah menjanjikan pahala yang besar bagi semua Mukmin yang berhasil menjalankan puasa dengan baik.

Khotbah Rasulullah SAW Menyambut Bulan Ramadhan



Rasulullah saw. dalam sebuah riwayat dari Ibnu Khuzaimah dari sahabat Salman al-Farisi ra. penah menyampaikan khutbahnya di akhir Bulan Sya’ban. Berikut isi pidato tersebut:



Beliau bersabda:

“Wahai manusia, sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkatan, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang Allah telah menjadikan puasanya sebagai suatu kewajiban dan “qiyam” di malam sebagai suatu tathawwu’ (sunnah).
           Barangsiapa mendekatkan dirinya kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (sunnah), maka statusnya bagaikan mengerjakan perbuatan wajib di bulan lain. Ramadhan itu bulan sabar, dan sabar itu pahalanya adalah surga. Ramadhan itu adalah bulan memberi pertolongan dan bulan Allah menambah rezeki orang mukmin. Siapa saja yang memberi makan makanan untuk berbuka pada bulan itu kepada orang berpuasa, maka amalannya itu menjadi pengampunan dosanya, kemerdekaan dari neraka, serta ia mendapatkan pahala sebesar pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala yang bersangkutan.”
Para Sahabat bertanya: “Ya Rasulullah tidaklah semua dari kami memiliki makanan, berbuka bagi orang yang berpuasa?” Rasulullah SAW, bersabda: “ Allah memberikan pahala ini kepada siapa saja yang memberikan sebutir korma, atau seteguk air, atau sehirup susu. Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya merdeka dari neraka. Barangsiapa yang meringankan orang yang dikuasainya (hamba sahaya), niscaya Allah akan mengampuni dosanya dan membebaskannya dari neraka. Karena itu perbanyaklah empat perkara di bulan Ramadhan: dua perkara yang menyenangkan Tuhanmu dan dua perkara yang sangat kalian butuhkan. dua perkara yang bisa menyenangkan Allah adalah Syahadat bahwasannya tiada Tuhan yang menciptakan, memelihara dan wajib disembah melainkan Allah, serta istighfar kepada-Nya. Adapun dua perkara yang sangat kalian butuhkan adalah memohon surga-Nya dan perlindungan dari neraka-Nya. Siapa saja yang memberi minum kepadanya dari air kolamku dengan suatu minuman yang dia tak lagi haus hingga masuk surga”.
Demikian khotbah yang disampaikan secara singkat oleh junjungan kita, Nabi besar, Muhammad saw.
Sudah siapkah kita mengisi Ramadhan kali ini?
 Nah bagi Anda yang masih ragu kuat atau tidak mengahdapi Bulan Puasa ini , maka jangan ragu lagi bahwa sebenarnya kita memiliki kekuatan yang lebih besar dalam menghadapi godaan Bulan puasa, tidak perlu Khawatir semua ini hanya perlu disiasati saja, berikut siasat - siasat untuk menghadapi Bulan Puasa
 1. Senang hati menyambut Ramadhan ternyata sangat berpengaruh pada kualitas berpuasa. Dengan hati senang epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat menghadapi puasa. Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita sangat senang menghadapi puasa. Lambung, usus, ginjal, liver, kulit adalah 5 organ yang paling senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya.
2. Jangan tinggalkan sahur. Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Romadhan yang sangat disarankan, dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

  3. Hindari minuman kopi pada saat sahur karena kopi akan membuat kita lebih cepat mengalami dehidrasi atau kehausan.


  4. Mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Hindari makanan berat seperti nasi pada waktu berbuka, namun laksanakan sholat Maghrib terlebih dahulu baru makan.

  5. Hindari berbuka dengan minuman dingin atau es, karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal.

  6. Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.

  7. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).

8. Pada malam hari usahakan juga untuk banyak minum air putih atau air madu untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi.

9 .Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran.

10 .Tidur yang cukup akan membuat badan selalu fit saat melaksanakan puasa esok hari.
 
 11. Kurangi merokok selama bulan Ramadhan bagi yang perokok agar kondisi stamina tubuh tetap terjaga.

  12. Kendalikan emosi. Rasulullah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah memanajemen emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

13.Selalu berpikir positif akan menjaga kesempurnaan puasa dan metabolisme tubuh kita.
Memilih Makanan Sehat Bulan Ramadhan 

Makanan Sehat di Bulan Puasa:

Pertama, konsumsilah madu atau buah kurma seperti sunnah Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa
Kedua, saat berbuka, makanlah secara bertahap sehingga memberi kesempatan pada organ pencernaan untuk beradaptasi.
Ketiga, pilihlah buah dan sayuran organik, lokal, segar dan variatif.
Keempat sebaiknya gunakan gula aren dan kurangi gula pasir.
Kelima, kurangi makanan yang dikalengkan
Keenam, hindarilah makanan yang diproses dengan berbagai pengawet, pewarna, pemanis buatan.
Ketujuh, mengolah sendiri makanan yang dikonsumsi sehingga mengetahui bahan bakunya.
Kedelapan, masaklah makanan dengan cara menumis, mengukus, atau dimakan mentah (lalapan, salad).
Kesembilan, seimbangkan protein hewani dengan sayuran yang beraneka warna.


Itulah beberapa tips bermanfaat untuk melancarkan ibadah puasa Ramadhan kita. Akhir kata selamat menyambut hadirnya bulan Ramadhan “Syahru Ramadhan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya.